Makanan Tradisional Kuantan Singingi

Jalur sebagai ciri khas kuansing

Kuansing, mungkin yang ada dikepala kita saat terdengar kata kuansing adalah pacu jalur. Yapp, kuansing memang dikenal dengan kota jalurnya. Namun dari sisi kuliner, Siapa bilang kuansing tidak punya ciri khas seperti hal nya jogja dengan gudeg nya, padang dengan rendangnya, atau medan dengan soto medannya? 

Berhubung saya lagi seneng-senengnya masak, walau sempat beberapa bulan awal kehadiran luffy saya anti banget sama aroma dapur –mulai dari bawang, cabe dan segala bumbu dapur, menginjak usia4 bulan kehamilan akhirnya memisahkan diri -punya rumah sendiri- dan mau tidak mau harus masak agar tetap bisa hidup , haha dan alhamdulillah sampai sekarang tidak begitu terganggu lagi dengan aroma tertentu walau kadang-kadang masih terasa agak mual. Sempat terpikir oleh saya untuk mendokumentasikan hasil olahan didapur, memasukkan kedalam situs masakan populer seperti cookpad, tapi sepertinya saya tidak serajin itu untuk dokumentasi (walaupun nyatanya dikantor posisi saya juga sebagai sebagai arsiparis hehehe). 

Akhirnya timbullah ide untuk mempersempit ruang lingkup, dimana saya ingin lebih mendokumentasikan masakan dengan fokus kuliner tradisional dari daerah tercinta –yakni Kuantan Singingi (Kuansing), dan Riau secara umum. Sambil mengingat regain memory, masakan-masakan yang dulu sering dibuat oleh ibu atau nenek mungkin sudah terlupakan oleh kita, bahkan bisa jadi juga telah hilang ditelan globalisasi dimana saat ini lidah kita sudah terbiasa dengan rasa makanan cepat saji ala barat atau kuliner yang sudah campur aduk antar adat, sehingga kita hampir melupakan makanan yang justru diwariskan turun temurun kepada kita. 

Dari ingatan saya, inilah masakan tradisional yang dulu sering dibuat orang-orang tua dikampung saya dulu, khas dari kuantan singingi : 

Kategori Kue: 
wajik lopuar, lomang & Galamai
1. Konji Gisal

2. Galamai 

3. Lomang (lemang) 

4. Kue Paniaram/Paniagham 

5. Bajik Takiak 

6. Bajik Lopuar 

7. Kue Talam Cik Minyak 

8. Tangguli 
Kategori Masakan: 
aneka masakan tradisional khas kuansing: gulai siput, jering & nangka
1. Gulai Joriang 

2. Gulai Paku 

3. Gulai Cabodak 

 4. Gulai Samauang 

5. Gulai Rebung 

6. Gulai Cipuik 

7. Gulai Pucuak Ubi Dengan Ikan Salai 

8. Goreng Karambia 

9. Rendang Paku 

10. Pongek Ikan 


Kategori Sambal: 

1. Sambal Bacang 

2. Sambal cik minyak 

3. Sambal dadiah 

4. Sambal durian 

Untuk keterangan dan resep dari masakanan diatas akan saya update secara berkala, insyaAllah. Dan jika ada yang ketinggalan mohon informasi dari rekan-rekan pembaca sekalian, karena informasi ini akan sangat berguna untuk melestarikan warisan kuliner dari daerah kita khususnya kuantan singingi. 

Terakhir, bagi yang masih suka bilang Kuansing tidak punya ciri khas kuliner, dateng ke saya biar saya tunjukin bagaimana lahapnya makan hanya bermodalkan sambal bacang dan kerupuk. Yummmiiii, dijamin bakal nambah ciek lai. Hehehe

sumber: http://harianvivi.blogspot.co.id/2016/04/makanan-tradisional-khas-kuantan.html

Komentar

Postingan Populer